Monday, September 27, 2010

Robot Bisa Keramas dan Pijat Kepala

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance, Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service
Cakrajiya Ciptana (CCi)
http://www.cc-indonesia.com



Penetrasi robot dalam kehidupan rumah tangga tampaknya tak terhindarkan. Bahkan untuk urusan sepele seperti keramas dan memijat kepala pun kini sudah bisa ditangani oleh robot khusus.

Ya, vendor teknologi Panasonic mengembangkan sebuah robot yang bakal memudahkan manusia keramas. Sama seperti keramas di salon, robot ini menyediakan sebuah kursi empuk dan robot pencuci di ujungnya.

Jadi orang cukup berbaring saja dan membiarkan robot ini bertugas. Si robot memiliki 16 jari elektronik sebagai alat melakukan keramas dan memijat kepala bak sedang di-creambath.

Tentu si robot memiliki kemampuan khusus yang tidak dipunyai manusia. Ia mampu merekam data setiap individu, misalnya bentuk batok kepala untuk menyesuaikan intensitas pijatan.

Menurut Panasonic, mesin robot ini pertama-tama bakal melakukan pemindaian (scan) kepala dalam 3D untuk menentukan bentuknya. Kemudian data ini dipakai untuk membuat proses keramas optimal bagi tiap individu.

Sang robot dibuat terutama demi membantu para orang tua di rumah dalam melakukan keramas. Panasonic memamerkannya di perhelatan International Home Care and Rehabilitation Exhibition yang berlangsung di Tokyo.

Sumber (dengan pengurangan di beberapa bagian tanpa mengurangi maksud artikel)

No comments:

Post a Comment