Friday, August 13, 2010

Air Tirta Sosialisasikan Air Minum Sehat

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service

Cakrajiya Ciptana (CCi)

http://www.cc-indonesia.com




ARTICLE CLIPPINGS

Media : Forum

Date : Monday, February 08, 2010

Page : 78

Tone : Neutral

Position : Left-Center

Section : Transaksi



Program Aman Tirta yang didanai oleh USAID, mensosialisasikan cara pengolahan air minum yang lebih aman. Tujuan program ini adalah untuk menyediakan akses air minum yang aman dan terjangkau khususnya bagi masyarakat Indonesia dengan status sosial menengah ke bawah, dengan menciptakan dan mendistribusikan salah satunya metode air minum aman dengan cam klorinasi yang dikembangkan pertamakali oleh CDC.

Setelah 4 (empat) tahun program Aman Tirta dilaksanakan di Indonesia, akhirnya di awal tahun 2010, program ini berakhir dengan harapan akan dilanjutkan oleh berbagai pihak terkait dan berkepentingan. Program yang saat ini telah mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Indonesia, khususnya Departemen Kesehatan kini tengah diaplikasikan di seluruh daerah di Indonesia. Bahkan, untuk mendorong Iuasnya penerapan progam ini, Menteri Kesehatan Republik Indonesia telah mengeluarkan sebuah kebijakan tentang Panduan Umum Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga Penerapan PAM-RT di 10 wilayah di Indonesia dan berbagai institusi terkait untuk bekerjasama mempromosikan penggunaan PAM RT di berbagai wilayah di Indonesia.

Selama beijalannya program Aman Tirta, berbagai pengalaman dan pelajaran penting telah memungkinkan banyak pihak yang terlibat dalam program ini untuk me ningkatkan urgensi PAM-RT (Pengelolaan

Air Minum Rumah Tangga) dari kebijakan atau keputusan di dalam rumah tangga sampai menjadi kebijakan nasional yang dikeluarkan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.



No comments:

Post a Comment