Wednesday, August 25, 2010

Pilkada dengan Kotak Suara Bekas

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service

Cakrajiya Ciptana (CCi)

http://www.cc-indonesia.com




ARTICLE CLIPPINGS

Media : www.surya.co.id

Date : Tuesday, June 01, 2010

Url : http://www.surya.co.id/2010/06...

Tone : Neutral



KPUD Kabupaten Mojokerto menggunakan kotak suara dan bilik suara bekas Pilpres 2009 lalu untuk pilkada yang digelar 7 Juni 2010. Penggunaan kotak suara bekas ini selain untuk menghemat biaya, juga karena kondisinya masih baik.

Tidak ada pengadaan bilik suara. Bilik bekas pemilihan presiden kemarin masih banyak, kondisinya juga masih bagus, kata Ketua KPUD Kabupaten Mojokerto Ayuhannafiq, Senin (31/5). Bilik suara bekas itu termasuk barang inventaris kantor. Sebab itu, KPUD berhak menggunakan barang inventaris yang masih layak digunakan.

Karena kebutuhan bilik suara sudah tercukupi, saat ini konsentrasi divisi logistik KPUD hanya menyiapkan beberapa logistik saja, di antaranya surat suara, kartu pemilih, dan tinta celup untuk tangan sebagai tanda bagi pemilih yang telah mencoblos.

Divisi Logistik KPUD Rusman Arif mengatakan, saat ini logistik penyelenggaraan pilbup mulai disiapkan dan didistribusikan. Seperti kartu pemilih, ATK, tinta celup, hingga alat coblos. Untuk tinta, setiap TPS akan mendapat jatah dua botol tinta. sehingga jumlah tinta yang dibutuhkan 3.686 botol saja. Namun, sebagai langkah antisipasi kekurangan saat pencoblosan, komisi membulatkan jumlahnya menjadi 3.700 botol tinta.

Untuk pengadaan tinta celup sebanyak 3.700 tinta ini, anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 44,2 juta lebih. Sedang anggaran untuk kesiapan logistik secara keseluruhan, KPUD menyiapkan dana sebesar Rp 1 miliar lebih.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 789.961 pemilih. Terdiri dari pemilih perempuan 399.245 orang dan pemilih pria 390.716 orang. Sedang jumlah TPS 1.842.



No comments:

Post a Comment