Sunday, August 15, 2010

Nestle Ditegur Soal Label

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service

Cakrajiya Ciptana (CCi)

http://www.cc-indonesia.com




ARTICLE CLIPPINGS

Media : Republika

Date : Friday, March 05, 2010

Page : 18

Tone : Neutral

Position : Top-Right

Section : Global



Nestle mendapat peringatan dari regulator kesehatan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA). Hal ini terkait label kandungan gizi produk mereka yang tak sesuai dengan ke­nyataan. Peringatan serupa juga diberikan kepada belasan produsen lain termasuk Diamond Foods dan Hain Celestial.

Dalam sebagian besar surat yang dipub- likasikan pada Rabu, (3/3), menuduh perusa­haan-perusahaan tersebut berlebihan dalam menyebutkan manfaat atas konten transle- mak, antioksidan, dan omega-3.

Peringatan tersebut muncul karena FDA diminta untuk mendorong penggunaan pela- belan baru, sehingga membuat masyarakat mengetahui nutrisi dari makanan yang dijual.

Komisioner FDA, Margaret Hamburg, mengatakan walau pernyataan pada Rabu lalu tidak secara indikatif menuju pada pe- labelan di seluruh industri makanan, namun publik harus memberi kesempatan peng­usaha pabrik makanan klarifikasi lebih lan- jut tentang apa yang diharapkan saat para produsen tersebut meninjau label mereka saat ini. "FDA berencana mengeluarkan ran- cangan panduan untuk label nutrisi dan be- kerja dengan industri makanan pada sistem pemberian label baru," kata Hamburg.

Dalam sebuah surat kepada salah satu unit Nestle, Gerber (pembuat makanan ba­yi), FDA menyatakan adanya permasalahan dengan produk Gerber 2nd Foods Carrot and Graduates Fruit Puffs. Dalam label tersebut disebutkan makanan tersebut sehat dan segar, sumber Vitamin A yang baik, serta tanpa penambahan gula. Padahal kenyata­annya tidak sesuai.

FDA ingin perusahaan-perusahaan untuk segera memperbaiki pelabelan produknya dan segera merespons dalam waktu 15 hari sejak surat peringatan diberikan. Jika tidak memenuhi tuntutan FDA, badan ini memi- liki wewenang untuk mengenakan denda dan sanksi lainnya.

Seorang juru bicara Nestle yang tak dise­butkan namanya, mengatakan perusahaan telah bekerja sama dengan FDA. Setelah peringatan ini, di Eropa saham Nestle di­tutup turun 1,8 persen. Sementara di Nas­daq, saham Diamond Foods turun 1,6 persen, dan saham Hain Celestial ditutup naik 1,7





No comments:

Post a Comment