Sunday, August 15, 2010

Pengawas Makanan Peringatkan Nestle

Media Monitoring, Analysis and Tracking, Information System Consultant, Software-Web Develoment and Maintenance,Computer Network Supply and Installation, Purchasing Service

Cakrajiya Ciptana (CCi)

http://www.cc-indonesia.com




ARTICLE CLIPPINGS

Media : Koran Jakarta

Date : Friday, March 05, 2010

Page : 13

Tone : Neutral

Position : Bottom-Left

Section : Bisnis Internasional



Badan Peng­awas Obat dan Makanan Arnerika Serikat (FDA) memper­ingatkan Nestle dan puluhan produsen makanan lainnya ter- kait klaim nutrisi untuk produk makanan bayi, kacang, dan produk lainnya dalam kemasan maupun website perusahaan.

Menurut FDA, produsen makanan memberikan pernya­taan yang berlebihan atau bah- kan pernyataan yang salah ten- tang kandungan nutrisi yang dikandung produknya.

Saat ini, FDA sedang me- lakukan pengawasan ketat ter- hadap sejumlah produk karena tengah mengaji sejumlah re- gulasi baru tentang pelabelan produk obat dan makanan.

Dengan regulasi itu, pengeta­huan masyarakat tentang kan­dungan zat pada makanan dan obat akan meningkat.

Selama Februari 2010, FDA telah menegur puluhan per- usahaan kosmetik, makanan, dan obat yang nakal.

"FDA tengah merencana­kan menyusun draf panduan dalam sistem pelabelan baru. Surat peringatan yang dikelu- arkan itu tidak mengindikasi- kan semua industri makanan ikut bersalah;" ungkap Marga­ret Hamburg, anggota komisi FDA, Rabu (3/3).

Pada 22 Februari 2010, FDA mengirimkan surat peringatan kepada Gerber, unit perusaha- an Nestle yang memproduksi makanan bayi. FDA menu- ding informasi nutrisi produk Gerber 2nd Foods Carrot dan Graduates Fruit Puffs yang

dimuat dalam laman www.ger­ber.com berlebihan.

Informasi yang dianggap berlebihan itu, di antaranya "se- hat dan segar',' "sumber vitamin A; dan "tanpa gula':

Padahal, menurut FDA, kan­dungan nutrisi yang mendu­kung Maim di atas belum tentu balk dikonsumsi oleh bayi di bawah dua tahun.

Pada saat yang bersamaan, FDA juga mengeluarkan pe­ringatan keras kepada Beech- Nut, unit perusahaan milik Grup Hero Swiss, Diamond Foods Inc, dan Spectrum Or­ganic Products Inc milik Grup Hain Celestial. Ketiganya dini­lai memproduksi makanan de­ngan kandungan nutrisi yang

menyalahi aturan pemerintah.

Beruntung FDA belum akan menjatuhkan sanksi pada pro- dusen makanan itu. Mereka hanya meminta produsen memperbaiki informasi pada label produknya selama 15 hari dari tanggal pengeluaran surat teguran.

Bagi produsen, perubahan label bukan pekerjaan mudah karena hal tersebut menyang- kut citra sebuah produk.

Pihak Nestle, Hain, dan Beech-Nut belum mau me- nanggapi surat peringatan dari pemerintah. Sedangkan Diamond, melalui pernyataan resmi, berjanji mengadakan perubahan dalam pelabelan secepatnya

No comments:

Post a Comment